Karawang,- Perayaan Cap Go Meh (20 Cia Gwee 2570) di sepanjang Jalan Tuparev- Kertabumi-Niaga-Dewi Sartika Karawang, pada Minggu (24/2/2019) berlangsung meriah. Ribuan warga Karawang turut meramaikan kirab budaya warga etnis Tiongkok tersebut. Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana bersama sejumlah unsur Muspida Karawang juga hadir dalam kegiatan tahunan tersebut.

Perayaan Cap Go Meh itu dihadiri lebih dari 50 Joli (tandu yang membawa dewa kehormatan) atau arak-arakan dari berbagai klenteng di Jawa Barat dengan jumlah 2.100 orang dan 120 bio barongsay. Turut hadir pula Hj. Sinta Nuriyah Wahid sebagai tamu kehormatan dalam penyelenggaraan.

Dalam sambutannya, Bupati Cellica menyambut baik kegiatan Cap Go Meh tersebut. Banyaknya masyarakat Karawang yang tumpah ruah untuk melihat barongsay membuktikan bahwa warga Karawang memiliki rasa saling menghargai yang tinggi kepada sesama. Tak hanya itu, masyarakat Karawang juga terhibur dengan atraksi yang diperlihatkan oleh peserta kegiatan.

Tak lupa, Bupati juga menyambut kedatangan rombongan peserta yang tak hanya berasal dari Karawang. Ada dari Pulau Bali, Jakarta, Bekasi, Bogor dan daerah lain ikut memeriahkan perayaan Cap Go Meh.

Dari keterangan Koordinator Penyelenggara Wawan Kurniawan, kirab tradisi Cap Go Meh berlangsung dari Jalan Tuparev menuju Jalan Arif Rahman Hakim, dan kembali ke Jalan Tuparev. Penyelenggaraan di awali dengan tradisi ruwat bumi sebagai wujud penghormatan kepada alam semesta.

Perayaan Cap Go Meh merupakan bagian dari tradisi masyarakat etnis Cina yang tercipta dari kreativitas para penganut agamanya. Hal tersebut diungkapan oleh Istri Alm. Gusdur, Hj. Sintia Nuriyah saat memberikan sambutan dalam perayaan Cap Go Meh 2019 di Karawang, Jawa Barat. Minggu (24/2).

Perayaan Cap Go Meh adalah sebuah tradisi yang tercipta oleh kreatifitas para penganutnya jadi bukan agama. "Dari perspektif sosiologi, cap go meh itu serupa tradisi halal bi halal, mudik di Indonesia. Bersifat dinamis, pada level tradisi bukan aqidah formal agama," katanya saat memberikan sambutan. perayaan Cap Go Meh di Kabupaten Karawang sudah berlangsung sejak 21 tahun silam. (diskominfo)