Karawang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang menyabet empat Penghargaan pada Festival Literasi Digital (Viral) Jawa Barat 2022 di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung pada Sabtu (8/10/2022). Festival tersebut merupakan bagian pada rangkaian Road to West Java Festival 2023.

Empat penghargaan itu diantaranya yakni, Terbaik Ketiga pada kategori Pengelolaan Media Sosial Kabupaten di Jawa Barat pada Humas Jabar Award 2022. Penghargaan itu diberikan kepada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Karawang dengan pengelolaan sosial media yakni Instagram @diskominfokrwkab.

Kemudian, Penghargaan pada Komitmen Penyelenggaraan Tanggap Insiden Siber Terbaik Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota Tahun 2022 pada Sandikami Award Tahun 2022. Selanjutnya, Pengharagaan pada Komitmen Penyelenggaraan Keamanan Informasi Terbaik Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota Tahun 2022.

Penghargaan terakhir yang diterima Kabupaten Karawang yakni diberikan kepada Relawan TIK Kabupaten Karawang pada Program Inovatif Relawan TIK Tahun 2022.

Kepala Diskominfo Kabupaten Karawang, Wahidin mengahaturkan terima kasih atas capaian positif yang telah diraih oleh Pemkab Karawang. Sebab, pihaknya berkomitmen untuk terus mengoptimalkan perkembangan teknologi khususnya pada literasi digital serta keamanan siber bagi pemerintahan dan masyarakat. 

“Kami terus berkomitmen menyediakan informasi kepada masyarakat, dengan majunya teknologi tentunya menjadi kebutuhan dalam meraih informasi khususnya dalam pengelolaan media sosial. Kami juga telah membentuk Tim Tanggap KarawangKab-CSIRT dalam menjamin keamanan siber bagi pemerintah dan juga masyarakat Kabupaten Karawang,” ujarnya.

Menurutnya, empat penghargaan tersebut meskipun apresiasi bukan tujuan utama, ia berharap prestasi ini dapat menjadi pengingat bagi Pemkab Karawang agar terus memberikan yang terbaik dalam menyajikan informasi publik serta memberikan keamanan siber.

Pada kegiatan ini turut dihadiri Asisten Administrasi Umum Setda Jawa Barat, Ferry Sofwan Arief, Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Ika Mardiah dan seluruh Diskominfo kabupaten dan kota di Jawa Barat. (diskominfo)