Karawang,- Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Karawang terus berupaya dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) para peternak. Hal itu dilakukan oleh pihaknya melalui mengisi kegiatan sosialisasi budidaya pembuatan pakan hijauan hewan ternak.

Kegiatan sosialisasi tersebut yang diselenggarakan di Sekretariat Gabungan Kelompok Tani Mandiri Telukjambe Bersatu (GKTMTB) turut menghadirkan Bidang Peternakan pada DPKP Kabupaten Karawang dan para petani millennial dari Noeya Farming serta diikuti oleh peserta dari seluruh perwakilan kecamatan di wilayah Kabupaten Karawang.

Kepala Bidang Peternakan pada DPKP Kabupaten Karawang, Ir. Handoko mengatakan, pihaknya yang dipercaya untuk mengisi sosialisasi tersebut tidak lain yakni semangat para peternak di Kabupaten Karawang yang memiliki keinginan serius serta ingin mandiri dalam membuat pakan hijauan hewan ternak.

“Indeks utama bidang peternakan yaitu peningkatan produksi dan populasi ternak, kalau peningkatan populasi ini ada petugas IB (Inseminasi Buatan) salah satunya, kita melakukan tim inkubasi buatan jadi itu juga kan belum banyak menjangkau beberapa daerah ya. Dengan kita hadirkan dari berbagai kecamatan kita akan mendapatkan informasi bahwa sapi yang betina produktif di Kabupaten Karawang ini merupakan aset kita untuk peningkatan populasi,” ujarnya.

Menurutnya, dengan sosialisasi ini akan memberikan sejumlah manfaat khususnya pengetahuan yang akan diterapkan, apalagi, Ketika musim kemarau tiba menjadi kesulitan bagi para peternak dalam memberikan pakan tersebut. Dengan demikian, para peternak memilih untuk membeli pakan tersebut ke luar wilayah Karawang yang sebenarnya pakan tersebut bisa dicadangkan ketika musim itu datang.

“Apalagi di karawang ini terkendala pada saat tertentu yaitu di musim kemarau. Jadi artinya ketersediaan pakan di kabupaten karawang ini harus diselamatkan, itu mengapa pada hari ini kita berkumpul bagaimana kita bersama sama menyatukan tekad visi dan misi kita bagaimana bisa menunjang hal itu,” ungkapnya.

“Harapan kita di Kabupaten Karawang, kita tidak membeli lagi pakan dari luar ya, kita nanti kalau bisa setiap kecamatan mempunyai kebun kebun tempat pembibitan untuk pakan hijauan ternak, ada odot, pakchong, dan lainnya ya yang bisa kita kembangkan jadi tidak ada lagi peternak kita di musim tertentu kehabisan pakan,” imbuhnya. (diskominfo)