Karawang,- Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana menghadiri video conference dengan Gubernur Ridwan Kamil dalam acara peresmian Program Puskesmas Terpadu dan Juara atau Puspa di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (1/2). Bupati tampak menyimak secara saksama apa yang disampaikan Gubernur dalam sambutan launching Puspa tersebut.

Dalam sambutan, Gubernur Ridwan Kamil mengatakan, Program Puspa ini bentuk inovasi Provinsi Jawa Barat dalam memberdayakan Puskesmas secara optimal untuk percepatan penanganan covid 19.

Program Puspa yang melibatkan tim kolaborasi interprofesi juga pemberdayaan masyarakat dan keterlibatan multisektor dimaksudkan untuk peningkatan kapasitas 3T yakni tracing, testing, dan treatment serta 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

Adapun indikator yang harus dicapai yakni untuk kepatuhan 3M menjadi 80 persen serta target pengujian 1 per 1.000 penduduk. Selain itu, 80 persen kasus positif dilacak kontak eratnya dalam 72 jam dan 90 persen kontak erat melakukan karantina mandiri.

Tim PUSPA ini akan fokus melacak kontak erat. Karena saat ini rasio 1 kasus hanya 4 orang yang berhasil dilacak, seharusnya 1 kasus 30 (kontak erat) terlacak. Selain itu rasio tracing harus dapat meningkat 1:10 atau 1:15.

Tim PUSPA ini nanti 5 orang terdiri dari 3 orang baru dan 2 orang pendamping dari puskesmas. Saat ini baru 12 kabupetan/kota penerima program. Ke-12 kabupaten/kota tersebut dipilih berdasarkan sejumlah kriteria, antara lain data kasus positif COVID-19 terkonfirmasi, data kasus probable dan kontak erat, hingga data SDM Kesehatan.

"Dengan keterbatasan anggaran, PUSPA baru akan diimplementasikan di 100 puskesmas yang tersebar di 12 daerah, yaitu Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab. Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bandung, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Bandung Barat," kata Gubernur Ridwan Kamil.




Halo wargi Karawang, untuk informasi lebih lengkap. Wargi bisa akses melalui web berikut :
covid19.karawangkab.go.id

Data tersebut silakan digunakan wargi untuk proaktif agar saling mengingatkan untuk menjaga diri dan mengurangi interaksi sosial di zona merah dan hitam, tanpa reaksi sosial berlebihan.

KITA HARUS TETAP TENANG, TINGKATKAN KEWASPADAAN, DAN SELALU TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN 3M:
- MENJAGA JARAK
- MENCUCI TANGAN
- MEMAKAI MASKER


Follow Kominfo Official Media at
Diskominfokrwkab
@Diskominfokrwkab
@Diskominfokrwkab
www.karawangkab.go.id, www.diskominfo.karawangkab.go.id