Karawang, - Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana beserta jajarannya menghadiri pelaksanaan pelepasan purna tugas serta pengambilan sumpah janji dan jabatan fungsional kesehatan dan pendidikan, Senin (3/7/2020) pagi tadi di Halaman Plaza Pemda Karawang. Proses pelantikan menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan ketetapan pedoman pelaksanaan kegiatan selama pandemi virus Corona.

"Sebagai aparatur pemerintah seharusnya menjadi panutan masyarakat sekaligus mampu menunjukan kinerja yang optimal dalam melaksanakan tugas sehari-hari, terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. dengan cara itu, kita dapat meningkatkan kemampuan aparatur agar lebih proaktif dalam melayani kepentingan masyarakat”, kata Bupati dalam sambutanya.

Untuk itu, Bupati berpesan kepada seluruh PNS khususnya bagi yang baru saja diambil sumpah, hendaknya selalu menjunjung tinggi sumpah janji yang telah diucapkan serta selalu ingat pada “Panca Prasetya Korpri” atau “Lima Pedoman Sumpah Janji Setia” yang merupakan sumber kesetiaan, kesadaran, semangat dan jiwa pegawai negeri sipil.

“Bekerjalah dengan inovatif, professional dan optimal disertai niat ibadah maka berbagi keluhan masyarakat terhadap kebijakan pelayanan publik yang selama ini kerap terjadi dapat diminimalisir. semakin sedikit keluhan masyarakat berarti pelayanan aparatur semakin meningkat dan manfaatkan teknologi informasi dalam pekerjaan supaya lebih efektif dan efisien yang tentunya akan mempercepat proses penyampaian pesan, perintah ataupun masalah yang harus segera diselesaikan”, pesannya.

Dalam pelepasan Purna bakti yang telah mencapai batas usia pensiun TMT 1 Agustus 2020 dan 1 September 2020 terdiri dari 127 orang, selain itu PNS yang diambil sumpah janji sebanyak 47 orang, yang seluruh nya merupakan hasil pengangkatan CPNS formasi tahun 2019 dari formasi bidan PTT, serta pejabat fungsional kesehatan sebanyak 186 orang, dan pejabat fungsional guru sebanyak 391 orang.

Mekanisme pengambilan sumpah dilaksanakan secara teleconference yang diikuti oleh 577 orang namun yang hadir di plaza pemda sebanyak 55 orang merupakan perwakilan dari PNS, Pejabat Fungsional dan Purna Bakti hal ini sesuai dengan surat edaran Badan Kepegawaian Negara RI No. 10/SE/IV/2020 Tanggal 02 April 2020 dan sebelumnya telah dikonsultasikan dengan gugus tugas.