BANDUNG - Usai menggelar sosialisasi dengan sejumlah stake holder dan masyarakat Kota Cirebon, Jabar Saber Hoaks (JSH) melakukan monitoring terhadap Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Cirebon, Jumat (28/6).

"Monitoring dilakukan untuk mengetahui sejauh mana dinas dan masyarakat Cirebon dalam menghadapi kabar berita hoaks, sekaligus menerima masukan dari daerah untuk perbaikan JSH mendatang," ujar Alfian, anggota JSH dalam kunjungannya itu.

Sekdis Kominfo dan Statistik Kota Cirebon Ma'ruf N mengatakan sangat mendukung sosialisasi JSH .

" Sebab kami juga kena dampaknya, beberapa program yang sedang kami buat bahkan akan terkait dengan JSH," katanya.

Program sedang disiapkan antara lain, memperbanyak free WiFi di Cirebon dan peningkatkan literasi masyarakat Cirebon. " Bersama dengan relawan TIK bahkan instansi lain kita sudah lakukan literasi tentang internet cerdas,kreatif dan produktif. Kami sdh lakukan di pondok pesantren dan panti asuhan. Kami juga lakukan sosialisasi literasi digital ke SMP di Cirebon. Jadi saat ini anak SD memang sudah kenal dengan hp dan Internet. Kita ajarkan internet yang sehat," jelasnya.

Ia juga mengatakan memiliki nomor telepon langsung 112 yang mirip dengan kontak darurat 911 di luar negeri. Kontak darurat itu melayani laporan bencana hingga Masalah sosial dan sudah diluncurkan Oktober 2018 lalu.

Cirebon saat ini memiliki aplikasi citra, yang berarti Cirebon dalam Berita. Didalamnya terdapat sejumlah berita yang bersumber dari pemberitaan media massa, berita kegiatan Pemda Cirebon dan konten berisi info berita-berita hoaks dari kominfo yang sudah diklarifikasi. Jo

 

Sumber : diskominfo.jabarprov.go.id