Cimahi,- Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana menghadiri dua undangan agenda nasional yang dihadiri Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), Rabu (29/1/2020) pagi di Cimahi, Bandung Jawa Barat.

Agenda pertama adalah peresmian Terowongan Nanjung. Mengutip situs Kementerian PUPR, terowongan ini terdiri dari 2 tunnel dengan panjang masing-masing 230 meter dan diameter 8 meter.

Keduanya diprediksi dapat mengurangi banjir di daerah Baleendah, Dayehkolot, Andir dan sekitarnya dengan total seluas 700 hektar yang diihuni sekitar 150.000 jiwa.

Kehadiran terowongan diyakini akan mengurangi potensi banjir yang kerap terjadi di wilayah Bandung Selatan. Kemudian, keberadaan infrastruktur ini juga akan meningkatkan kapasitas Sungai Citarum dari 570 meter kubik per detik menjadi 669 meter kubik per detik.

Selanjutnya di agenda kedua adalah Pencanangan gerakan eliminasi Tuberkulosis (TBC) di Techno Park, Kota Cimahi. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi meminta semua stakeholder berperan aktif menyukseskan program tersebut agar kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bisa meningkat.

"Menjamin kesehatan masyarakat bukan hanya urusan dokter atau Kepala Dinas atau Menteri semata. Tapi semua pihak. Semua harus ikut bergerak dan berperan," katanya. (diskominfo)